Prosedur Pembuatan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)

Disclaimer: Tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadi saya saat mengurus pembuatan SKCK pada tanggal 13 Agustus 2013 di Kelurahan Tamansari & Kantor Kepolisian Resor Jakarta Barat. Kondisi mungkin berbeda di kelurahan dan kantor kepolisian lain.

Saya ingin merangkum prosedur yang harus saya lalui untuk membuat SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) karena saya sendiri mengalami kesulitan waktu mencari informasi di internet, jadi siapa tahu bisa bermanfaat bagi yang sedang membutuhkan :)

Hal yang harus diingat dalam pembuatan SKCK:

  1. SKCK hanya berlaku untuk jangka waktu 3 bulan sejak diterbitkan
  2. Satu SKCK hanya bisa digunakan untuk satu keperluan. Artinya jika dipakai untuk mendaftar sekolah, tidak bisa digunakan lagi untuk mengurus visa.
  3. Polsek tidak dapat menerbitkan SKCK untuk keperluan urusan antarnegara (misalkan pembuatan visa), melamar / melengkapi aplikasi PNS / CPNS.
  4. Proses pembuatan SKCK di tingkat Polres / Polsek harus sesuai dengan alamat tinggal yang tertera di KTP Anda

Prosedur Pembuatan SKCK

SKCK dapat diterbitkan oleh Polsek (Kepolisian Sektor), Polres (Kepolisian Resor), dan Polda (Kepolisian Daerah). Namun, sebelum bisa mengurusnya di kantor kepolisian, harus terlebih dahulu minta surat pengantar dari RT & RW. Prosedurnya kurang lebih seperti ini:

  • Surat pengantar dari RT, RW: meminta pengantar dari RT / RW untuk membuat surat pengantar pembuatan SKCK di kelurahan
  • Surat pengantar dari kelurahan:
    Untuk membuat surat pengantar dari kelurahan, Anda akan membutuhkan surat pengantar dari RT/RW, 1 (satu) fotocopy KTP, 1 (satu) fotocopy KK. Seharusnya pembuatan surat pengantar ini tidak membutuhkan biaya dan berdasarkan pengalaman saya prosesnya dapat ditunggu. Tidak sampai 10 menit, surat pengantar dari kelurahan ini sudah bisa Anda gunakan. Surat pengantar dari kelurahan ini bisa langsung Anda gunakan untuk membuat SKCK di Polsek atau Polres.
  • Karena saya membutuhkan SKCK untuk proses pengurusan visa studi, dari kelurahan, saya langsung ke Polres Jakarta Barat (Jl. Letjen S. Parman No. 31, Jakarta Barat 11410). SKCK yang diterbitkan oleh Polres Jakarta Barat sudah dalam dua bahasa (bahasa Indonesia dan bahasa Inggris). Proses membuat SKCK di Polres Jakarta Barat pun tidak lama. Tidak sampai 10 menit, SKCK sudah tersedia.
  • Jika SKCK yang Anda miliki harus dilegalisir oleh Depkumham, maka setelah dari Polres/Polda, Anda harus melanjutkan untuk membuat SKCK ke Mabes POLRI (Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia). Mabes POLRI bertempat di Jalan Trunojoyo no. 3, Jakarta Selatan.

Prosedur Pembuatan SKCK di Polres Jakarta

Waktu operasi           : 08.00 – 15.00
Waktu istirahat          : 12.00 – 13.00
Waktu proses             : ± 10 menit


Loket Pembuatan SKCK

Loket Pembuatan SKCK – Sebelah kiri adalah loket tempat mengambil & mengembalikan formulir isian sementara ruang di sebelah kanan adalah ruang sidik jari.

Polres Jakarta Barat sudah menyediakan tempat khusus untuk pembuatan SKCK. Untuk membuat SKCK di Polres, Anda akan membutuhkan dokumen berikut:

  1. Surat pengantar dari kelurahan
  2. 1 (satu) fotocopy KTP
  3. 1 (satu) fotocopy KK
  4. 5 (lima) foto berwarna dengan latar merah berukuran 4×6
  5. Biaya administrasi sebesar Rp 10,000.00 yang akan Anda bayarkan di loket dan Rp. 10,000.00 untuk pembuatan sidik jari.
Syarat-Syarat dan Prosedur Pembuatan SKCK

Syarat-Syarat dan Prosedur Pembuatan SKCK yang Terpampang di Depan Loket SKCK

Saat Anda datang, di loket yang tersedia, Anda harus meminta formulir. Anda akan diberikan dua formulir isian cukup panjang mengenai data diri, riwayat pendidikan, riwayat catatan kasus, dan ciri-ciri fisik Anda. Selain itu, Anda juga harus masuk ke ruang sidik jari untuk meminta form untuk sidik jari. Jadi secara total ada 3 formulir yang harus Anda isi di tempat.

Setelah mengisi formulir, Anda harus membuat cap sidik jari terlebih dahulu untuk kemudian dirumuskan sidik jari Anda. Di ruang sidik jari, Anda akan diminta memberikan satu foto berwarna Anda & biaya administrasi sebesar Rp. 10,000.00.

Selesai dari pembuatan sidik jari, Anda akan diberikan kartu rumus sidik jari yang akan Anda bawa ke loket awal beserta sisa berkas Anda lainnya (termasuk 4 foto berwarna berukuran 4×6). Setelah dokumen Anda berikan, Anda harus menunggu 5-10 menit, lalu Anda akan dipanggil dan Anda bisa langsung mengambil SKCK Anda serta membayar biaya administrasi sebesar Rp. 10,000.00.

Contoh SKCK yang Diterbitkan oleh Polres Jakarta Barat

Contoh SKCK yang Diterbitkan oleh Polres Jakarta Barat

Proses Pembuatan SKCK di Mabes POLRI

Waktu operasi           : 08.00 – 15.00
Waktu istirahat         : 12.00 – 13.00
Waktu proses            : ± 30 menit

Tidak semua keperluan memerlukan SKCK yang diterbitkan oleh Mabes POLRI. Kadang untuk beberapa urusan, SKCK yang diterbitkan oleh Polsek / Polres / Polda sudah cukup. Salah satu alasan mengapa Anda membutuhkan SKCK dari Mabes POLRI adalah jika untuk mengurus visa Anda diminta untuk melegalisir dokumen ASLI SKCK di Departemen Hukum & HAM lalu kemudian Departemen Luar Negeri, maka secara otomatis, tanda tangan yang digunakan di SKCK yang diterbitkan oleh Mabes POLRI sudah terdaftar di Depkumham sehingga Anda tidak perlu melegalisir kembali ke notaris. Ada beberapa kasus di mana beberapa negara di Eropa biasanya tidak mengakui tanda tangan notaris, sehingga dibutuhkan tanda tangan sah dari lembaga yang mengeluarkan dokumen tersebut.

Penerbitan SKCK, Surat Ketarangan Jalan (SKJ), Surat Izin Kepemilikan Senjata Api / Bahan Peledak, Surat Keterangan Lapor Diri (SKLD) akan ddilayani oleh BAINTELKAM.

Dokumen yang perlu Anda siapkan untuk membuat SKCK di Mabes POLRI antara lain:

  1. SKCK yang diterbitkan oleh Polres / Polda. Ingat! SKCK yang diterbitkan oleh Polsek tidak dapat digunakan untuk penerbitan SKCK di Mabes POLRI.
  2. 1 (satu) fotocopy KTP
  3. 1 (satu) fotocopy KK
  4. 1 (satu) fotocopy Akte Lahir
  5. 1 (satu) fotocopy Passport
  6. 4 (empat) lembar foto berwarna dengan latar belakang merah berukuran 4×6
  7. Biaya administrasi Rp. 10,000.00

Saat ingin menerbitkan SKCK dari Mabes Polri, Anda akan diminta untuk mengisi form isian yang sama persis seperti yang telah Anda isi di Polres. Namun bedanya, kali ini tidak perlu mengisi formulir untuk sidik jari. Setelah lengkap, berkas Anda masukkan di loket dan SKCK dapat Anda ambil di loket yang sama.

Besarnya biaya yang harus Anda bayarkan ini sudah terpampang jelas di loket tempat Anda meminta dan menyerahkan formulir isian. Jadi, Anda bisa turut mengurangi pungutan-pungutan liar jika memang ada.

Semoga bermanfaat.

53 thoughts on “Prosedur Pembuatan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)

  1. terimakasih infonya, sangat bermanfaat, saya sekarang sudah memperoleh SKCK dari POLDA dalam bahasa inggris, tapi yang saya bingung, ni apa perlu minta SKCK lagi ke POLRI? ato cukup legalisir saja? dan yang dilegalisir itu fotokopinya ato yang asli?
    saya sudah coba telepon polri, tapi selalu bunyi melengking aneh yang muncul di ujung sana.

    • Senang bisa membantu.. Kebutuhan pembuatan SKCKnya untuk apa Mas? Diminta dari lembaga untuk berbahasa inggris saja atau untuk urusan antar negara (misalkan pembuatan visa).

      Saran saya daripada legalisir ke notaris, lebih baik minta ke Mabes Polri. Karena di mabes polri biayanya hanya 10,000 dibanding ke notaris yang perlembarnya mencapai 100,000. Tapi sekali lagi apa persyaratan dari lembaga yang memintanya?

      Nah untuk menjawab yang dilegalisir yang asli/copy balik lagi ke persyaratan uang diminta. Saya kmrn untuk urusan di embassy harus yang asli yang dilegalisir. Sementara ada yg minta copynya saja. Kalau asli yang dilegalisir, tinggal legalisir aslinya. Kalo copy yang dilegalisir, setelah aslinya dilegalisir, baru copynya bisa dilegalisir. Semoga membantu :)

  2. untuk keperluan visa, sayangnya saya telpon ke Depkumham sampai sekarang masih belum tersambung :(. saya sudah mengkopi + legalisir ke notaris, jadi pertanyaannya, saya masih perlu ke POLRI ato tidak,

    saya heran kenapa semua telepon tidak ada yang bisa baik ke depkumham ato polri

    • Sebaiknya daripada ditanyakan ke depkumham, lebih baik ditanyakan ke kedutaan. Apakah menerima skck dari polda atau harus dari polri. Pengalaman saya kmrn kedutaan Belgia bisa menerima SKCK dari polda/polres.

      Kalau dari depkumham sendiri, selama sudah ada tanda tangan notaris + spesimen atau tanda tangan dari orang yang sudah ‘diakui’ depkumham bisa lanjut prosesnya. Silahkan baca tulisan saya mengenai legalisir di depkumham & departemen luar negeri untuk lebih jelasnya. Mudah2an bisa membantu.

      • betul mas, sudah saya tanyakan langsung ke kedutaan, ternyata yang diminta dari Mabes Polri, dan bukan fotokopi, tapi yang asli yang diminta untuk legalisir. jadi tetap ke POLRI, mkasih sarannya, sukses selalu buat blog+studinya :)

    • Betul. SKCK itu untuk kebutuhan yang spesifik. Artinya kita tidak bisa menggunakan SKCK yang sama untuk 2 kebutuhan meskipun masih dalam rentang masa berlaku karena jenis kebutuhan ini juga dicantumkan di SKCK yang kita miliki. Misalkan untuk melamar pekerjaan tidak bisa dipakai untuk melamar visa. Harus dibuat terpisah. Semoga membantu :)

  3. Saya mau tanya mas.,
    kalo mau buat skck untuk krja keluar negri hrus ke polda.,
    yg saya tnyakan., saya harus langsung k polda,, atau ke polsek dlu, ke mudian polres bru ke polda.
    Pertanyaan k2. Apa harus ada paspor dlu, karna saya belum punya,.

    • Setahu saya, surat keterangan dari kelurahan bisa dibawa langsung ke Polda/Polsek tanpa melalui polsek. Jika ingin digunakan untuk keperluan luar negeri memang diharuskan untuk memiliki paspor terlebih dahulu. Karena nantinya nomor paspor akan juga dicantumkan dalam SKCK. Sebaiknya mengurus SKCKnya ditunggu setelah paspor sudah ditangan. Semoga membantu.

  4. mas kalo buat skck di mabes di wakilkan bisa nggak ya? karena posisi saya skrg di LN, nggak di indonesia. apa syarat lainnya? belum ada yg berubah syaratnya?
    thanks

    • Dear Mbak Fifi,

      Saya bukan otoritas yang berwenang untuk menjawab apakah bisa diwakilkan atau tidak. Tapi menurut pengalaman saya saat mengurus skck di mabes banyak menggunakan ‘jasa’ / calo. Dan syarat2 yang saya tuliskan di atas berdasarkan pengalaman pribadi saya yang tanggalnya pun sudah saya cantumkan kapan saya mengurusnya. Saya sendiri menuliskan informasi tersebut berdasarkan pengalaman pribadi saya saat mengurus skck untuk mengurus visa studi. Jadi tidak bisa saya pastikan betul masih seperti itu atau tidak.

  5. hello…
    mau nanya mba kalo SKCK dan stempel/cap dari DEPLU & DEPKUMHAM diminta dalam translate-an English bisa tidak ya? Waktu Anda ngurus keluar negeri,apakah document serta stempel/cap dalam bahasa English?
    satu lagi, apakah waktu mba waktu itu diminta surat keterangan medical checkup yang menyatakan bebas penyakit, jika iya, boleh minta rekomendasi RS pemerintah yang bagus..
    Mohon bantuannya..Terimakasih.. :)

    • Hi Andi,

      Seingat saya legalisir (berupa cap) yang dikeluarkan oleh deplu sudah dalam bahasa Inggris. Yang dilihat dari kedutaan terutama yang dari deplu. Hanya saja prosedurnya deplu baru bisa melegalisir setelah disahkan oleh depkumham.

      Kemarin pengalaman apply visa untuk Belgia, rumah sakit beserta dokternya sudah ditentukan oleh pihak kedutaan. Waktu itu saya med check di RS Medistra. Apakah dari kedutaan yang Anda tuju mengajukan daftar dokter dan rumah sakit yang disetujui?

  6. saya mau tanya,,
    1. apakah pengursan skck di polri bisa di wakilkan ?karena domisili saya ada di surabaya
    2. apakah legalisir skck yang di tandatangani oleh pihak polri / DEPLU & DEPKUMHAM itu harus sudah diterjemahkan kedalam bahasa inggris / jerman (karena tujuan saya ke austria) atau yang dilegalisir adalah skck yang berbahasa indonesia ?

    • 1. Bisa, selama syarat-syaratnya lengkap.
      2. SKCK yang dikeluarkan polri sudah dalam bahasa Inggris. Harus ditanya ke kedutaan austria apakah menerima yang berbahasa inggris atau harus diterjemahkan ke dalam bahasa Jerman.

  7. Blognya sangat membantu. Kebetulan saya juga tinggal di daerah taman sari. Yang saya ingin tanyakan apakah untuk surat pengantar dari RT dan kelurahan juga dibutuhkan biaya administrasi? Untuk permohonan visa untuk bekerja di luar negeri, apakah SKCK harus diurus sampai ke Mabes Polri atau cukup sampai polres saja? terima kasih.

    • Hi,

      Menurut pengalaman saya membuat surat pengantar dari RT dan kelurahan tidak dikenakan biaya apa pun.

      Untuk SKCK, dari polres saja cukup. Tetapi jika dari pihak kedutaan meminta untuk dilegalisir di kemenkumham dan deplu, sebaiknya diurus sampai ke Mabes Polri

  8. Saya sudah punya SKCK dari Polda Metro, kalau saya mau minta diterbitkan SKCK dari Mabes POLRI apakah saya perlu membuat surat permohonan penerbitan SKCK (surat permohonan dari saya sendiri kepada BAINTELKAM)? Kalau iya, mohon di share contoh surat tersebut.
    Terima kasih.

  9. klw untuk mempperpanjang skck yg dikeluarkan polres, dan sdh kadaluarsa bertahun-tahun bagaimana?(keperluan untuk melamar kerja dalam negri) tks.

  10. Hello mas. Numpang tanya. Saya akan ke Ceko untuk penukaran uni, jadi sekarang lagi ngurusin visa dan skck. Untuk ceko, skck-ny harus d legalisir ga? ato langsung dari polres saja. Karena saya tgl d riau, jauh dari jakarta, jadi harus beresin semua dokumen dulu. Makasih ya.

  11. Terima kasih Kitara. Infonya sangat membantu. Tanya dikit: saya mau urus visa, dan dibutuhkan skck dari mabes polri. Utk mengurus skck dari mabes, apakah sudah cukup skck dari polres atau masih harus urus ke polda? Makasih

  12. Mantap informasinya. Mau nanya dong Mas, Saya dah punya SKCK yg diterbitkan dari Mabes tapi dah expire (2009). Kalo saya mau memperpanjang lagi apakah harus dari awal algi atau bisa langsung ke MAbesnya ya?
    Thanks.

  13. SKCK untuk pembuatan visa saya sudah habis masa berlakunya satu bulan yang lalu. apakah bisa untuk diperpanjang? sementara posisi saya sekarandg di UAE

  14. Yang terhormat Bpk/Ibu
    Saya mau tanya gimana cara buat skck kalau saya sekarang aku ngak ada di indo. Saya ada skck lama tapi telah dibuat di surabaya…apakah saya bisa buat online dan kirimkan skck lama? Saya berharap anda bisa membatu saya

    Terima kasih

    • Hi mbak, menurut pengalaman terakhir saya buat skck buat visa purpose bln april 2014, kalo skckny masih berlaku masih bisa diperpanjang dgn memberikan surat kuasa pada keluarga di rumah dan melengkapi syarat lainnya. Tapi kalau sudah expired ya harus pulang. Tidak Bisa diwakilkan, seperti yg saya alami. Atau dr kasus beberapa teman yg tinggal di Canada mereka juga accept skck dr kbri tp itu hanya sementara dan dikasih waktu utk submit original police background dr indonesia. Setiap negara punya own regulations dan tergantung ama purpose of needed. Good luck.

Leave a Reply

