Day #1 – TKI

Hari – 1

Pukul 12.45 saya mendarat di KLIA (Kuala Lumpur International Airport). Kebingungan mencari tempat menukar uang paling menguntungkan untuk bayar taxi (I’m still a 50% chinese anyway). Pesan airport taxi dan langsung menuju kantor.

Dr bandara ke kantor Nielsen di Petaling Jaya menghabiskan sekitar RM 64. Oh iya! Sebelum lupa… Mengapa tiba2 perjalanan ini menjadi penting buat saya? Karena ini perjalanan perdana saya seorang diri untuk waktu yg cukup lama.

Sampai di kantor Nielsen di PJ sekitar pukul 3 waktu setempat, saya belum jg makan siang. Perut mulai kembung & pengen gigit2 apa saja yg lewat.

Akhirnya setelah la la la la , pasang laptop, tau dmn meja saya. I was about to have my lunch! (Finally). Waktu sekitar pukul 3.30 saat saya masuk ke sebuah kedai masakan cina.

Pemiliknya… Cina totok yg tidak berbahasa inggris & melayu. Saya disodorkan pada salah seorang pelayanannya. Terlanjur dgn kesan bukan orang lokal, saya lanjut berbahasa Inggris. Sekarang si pramusaji mengerti. Prok… Prok… Prok… Bisa pesan makan & minum😀

Tidak lama, saya mendengar hal yg membuat saya senyum-senyum. Para pramusaji ini mulai saling bercakap dalam bahasa Jawa kental :)) Haaaiiii.. Kenapa harus pesan pakai bahasa Inggris =,=

Lalu saya menatap mereka. Apa bedanya saya & mereka? Kita sama-sama bekerja bukan di negara sendiri. Saya juga TKI… Pendidikan yg kurang, membuat mereka mencari kehidupan yg lebih baik di negara orang… Jauh dari orang-orang sebahasa.

Lantas saya? Saya berpendidikan cukup. Sampai selesai S1, tapi saya pun mencari kehidupan lebih baik di negara orang. Sama-sama bekerja untuk orang lain. Sama-sama bekerja bukan untuk memajukan orang-orang sebangsa saya…

Saya juga TKI, dan saya bukan pahlawan devisa. Tak ada lebihnya saya dari mereka. Berharap ada orang yang menghargai kemampuan kami, dan bukan di rumah kami sendiri…

Selamat makan malam🙂

9.30 (GMT+8)
Secret Recipe
Petaling Jaya

3 thoughts on “Day #1 – TKI

Leave a Reply

