You will never know what your words can do

Pertengahan tahun 2009…

Saat itu saya melarikan diri dari kelas salah seorang dosen pembimbing favorit saya, Prof. Asep Saefuddin. Saya tidak tahu bahwa hari itu, beliau yang akan mengisi kelas Topik Khusus. Saya malah melanglang buana di Jakarta untuk menyebarkan proposal keberangkatan saya dan teman-teman dari tim IPB ke Jepang. Tiba-tiba ada SMS masuk dari beliau, hanya sesingkat: Dea, tadi kamu tidak masuk kelas saya?

Sebagai mahasiswi yang tertangkap basah, saya membalas: maaf bapak, saya sedang mengirimkan proposal untuk keberangkatan saya ke Jepang di Jakarta. Kemudian, Bapak menyuruh saya menemui beliau keesokan harinya. Bapak bertanya lebih jauh mengenai bagaimana program tersebut dan apa yang akan saya lakukan di sana, lalu berakhir dengan: “Kamu emailkan saya proposalnya, besok kamu bisa ambil uangnya di Ibu Ratna di kantor saya pukul 10 pagi…” Saya tercengang… Padahal belum seminggu saya mengenal beliau setelah saya mengetahui bahwa beliau akan menjadi pembimbing skripsi saya.

Waktu berlalu, dan akhirnya saya berangkat ke Jepang. Sebagai anak norak yang akhirnya bisa pergi keluar negeri atas nama kampus, saya mengirimkan email ke group milis statistika IPB dan men-CC-nya kepada Bapak. Beliau ternyata meneruskan email saya tersebut ke rekan-rekan sesama dosen di lingkup IPB. Email demi email berdatangan dari beliau yang meneruskan dukungan dari beberapa teman sejawatnya.

Saat itu saya tidak berpikir bahwa setelah 4 tahun, saya akan menemukan bahwa kata-kata beliau masih sangat memotivasi saya… Saya tidak tahu apa yang beliau lihat dari saya pada saat itu sehingga saya berhak mendapat dukungan yang luar biasa.

Hari ini

Saat di kantor, saya membuka milis beasiswa yang sudah lama saya ikuti dan Dr. Beben Benyamin mengirimkan sebuah informasi bahwa tengah dibuka lowongan untuk PhD di group Complex Trait Genomics yang beliau ikuti sebagai peneliti di University of Queensland. Saya telah lama mencari kesempatan untuk mempelajari bidang tersebut, saya langsung mengirimkan email kepada beliau. Ternyata tak sampai setengah hari, email saya sudah dibalas oleh Mas Beben. Belum tahu apakah saya akan bisa diproses atau tidak karena saya tidak memiliki gelar master di bidang tersebut. Saya hanya seorang otodidak yang membaca serabutan ini dan itu…

Lalu saya kembali membuka email saya yang tertanggal 18 Oktober 2009 yang beliau teruskan pada saya dari email cerita-cerita saya di Jepang yang saya kirimkan pada beliau:

“Dea, ini dari Pak Bambang, Direktur Biotrop. Saya mendukung gagasan ini. Nanti bisa diatur, dan ada baiknya para mhs S1 yang jadi audiensnya.

Punten lupa ngasih tau, Dea adalah mhs angkatan 43. Saat ini msh mengambil bbrp matakuliah. Mudah2an Dea bisa meneruskan studi di Center for Bioinformatics di NCSU bersama Prof. Bruce Weir (teman pak Andi [red. Andi Hakim Nasution]) atau ikut dengan Dr. Beben Benyamin di Australia.

AS”

Mungkin Pak Asep pun tidak lagi mengingat pernah mengirimkan email ini kepada saya. Saya pun akan lupa jika tidak melihat-lihat lagi email saya terdahulu. Hampir 4 tahun berlalu sejak email itu beliau kirimkan untuk saya…

Saya tidak tahu  saya akan menjadi seperti apa ke depannya dan apakah saya bisa mendapatkan peluang ini. Namun yang saya tahu, beliau mengajarkan saya arti sebuah kata-kata positif untuk sesama.

Kind words can be short and easy to speak, but their echoes are truly endless. – Mother Teresa

6 thoughts on “You will never know what your words can do

  1. mungkin saja Dea, saya mendengar sistem S1 langsung apply Ph.D itu common di banyak uni di Aussie, saya punya kenalan lulusan sono yang Ph.D nya 5 tahun karena gabung. wish you luck

Leave a Reply

